8 Fakta Menarik Benua Antartika yang Jarang Diketahui

Fakta Menarik Benua Antartika yang Jarang Diketahui – Antartika adalah benua paling terpencil di dunia yang kontradiktif. Sangat cantik, tetapi sangat tidak ramah. Ini adalah tempat paling badai dan terdingin di bumi, yang paling sensitif dan rapuh.

Mungkin, kita sering melihat dan mendengar di berbagai media tentang Kutub Utara. Ya, Kutub Utara lebih populer daripada Kutub Selatan karena lebih sering diberitakan dan dieksplorasi. Selain itu, kedekatan geografis dengan negara maju menjadikannya bukan lagi tempat yang penuh misteri. Letak Benua Antartika di Kutub Selatan, yang menjadi laboratorium alami untuk mempelajari bumi, juga perubahan lingkungan global, perubahan tersebut masih berkaitan dengan kegiatan manusia.

8 fakta Menarik Benua Antartika

Benua antartika, yang membentang 14 juta kilometer persegi, masih menyimpan banyak misteri. Di sana para Ilmuwan dan Peneliti sering menemukan hal-hal unik dan aneh. Ada sejumlah fakta unik Antartika yang harus kamu ketahui. Berikut ini 8 fakta menarik Benua Antartika.

1. Ternyata Gurun Terbesar di Dunia Ada di Antartika

Tahukah Kamu? Bahwa gurun terbesar di dunia ada di Antartika?

Selama ini jika kita mendengar kata gurun maka yang terbayang pasti hamparan pasir berwarna kuning, dengan suhu udara yang sangat panas. Ya, bayangan itu memang tidak salah, tetapi rupanya gurun bukan hanya seperti yang kamu bayangkan itu. Gurun juga bisa berupa hamparan es dengan suhu udara yang sangat dingin dibawah 0 derajat celcius.

Gurun yang selama ini secara umum ada dalam bayanganmu adalah gurun yang berada di benua Afrika atau Amerika, seperti gurun Sahara, Gurun Gobi, dan Death Valley di California, Amerika Serikat. Padahal ada juga gurun yang tidak berada di Afrika, tetapi di Antartika, Kutub Selatan. Bahkan gurun Antartika adalah gurun terbesar di dunia. Gurun itu memiliki luas 5,5 juta mil persegi. Sementara itu, gurun Sahara yang berada di Afrika hanya berada pada urutan ketiga. Luasnya hanya 3,5 juta mil persegi.

Gurun di Antartika adalah gurun yang ada di benua paling dingin, berangin serta salah satu yang cukup terisolasi di Bumi ini. Suhu udara yang sulit diterima oleh tubuh makhluk hidup, membuat tempat ini menjadi sangat sulit untuk bisa ditinggali. Curah hujan di gurun menjadi kurang dari 51 milimeter, serta diselimuti oleh es yang 90% air bumi. Hanya 2% dari benua ini yang tidak tertutup oleh es. Yang tidak tertutup es itu yang bisa ditinggali oleh makhluk hidup seperti penguin, anjing laut, burung, beruang kutub dan hewan lainnya.

Sedangkan 98% lainnya diselimuti oleh es dengan ketebalan hingga 1,6 km. Badai angin juga seringkali datang di gurun Antartika, seperti badai yang terjadi di gurun pasir. Kecepatan angin saat terjadi badai itu bisa mencapai 320 km/jam.

Info Tambahan:

Jadi suhu panas rupanya tidak ada hubungannya dengan gurun. Ciri utama gurun terletak pada sedikit atau tidak adanya kelembapan dan temperatur yang dapat berubah secara cepat. Bahkan mayoritas gurun yang menutupi bumi ini berada di wilayah kutub. Gurun sendiri adalah wilayah atau bentang alam yang sangat kering. Hal ini terjadi karena jumlah air yang sedikit, bahkan tidak ada sama sekali. Sebuah tempat bisa dikategorikan sebagai gurun, bila memiliki curah hujan, setidaknya 250 milimeter per tahunnya. Dan curah hujan itu bukan hanya terbatas pada hujan. Bisa juga berbentuk salju atau kabut. Bisa berbentuk apa saja yang memiliki bentuk air, serta bergerak melalui atmosfer bumi.

Gurun juga bisa digambarkan sebagai wilayah dimana lebih banyak air yang menghilang akibat penguapan dibandingkan turun menjadi curah hujan. Dengan temperatur yang semakin panas atau dingin, maka sungai akan mengering, curah hujan berubah serta tumbuhan pun akan mati mengering.

2. Paling Dingin

Salah satu Fakta menarik benua Antartika yaitu tempat paling dingin

Fakta menarik benua antartika selanjutnya yaitu Suhu atau temperatur paling dingin yang pernah ada di bumi. Suhu paling dingin tercatat mencapai minus 89,2 derajat celcius. Suhu yang berada jauh di bawah 0 derajat celcius ini terjadi pada tahun 1983.

3. Paling Kering

Fakta menarik benua Antartika selanjutnya yaitu terdapat tempat paling kering

fakta menarik benua antartika yang ketiga yaitu tempat yang paling kering yang ada di bumi ini. Tempat itu bernama Dry Valleys. Tempat ini tercatat lebih kering dari gurun lainnya. Dry Valleys adalah daerah di Antartika yang tidak tertutup salju yang merupakan karakteristik Antartika.

4. Ada Danau di Kutub

Di Kutub Selatan ternyata ada sebuah danau. Danau itu bernama Vostok yang berisi air tawar. Danau Vostok berada di kedalaman es sekitar 3,7 km. Selama jutaan tahun danau ini tersembunyi di balik lapisan es tebal di Benua Antartika, yang membuatnya tidak pernah dilihat, apalagi disentuh, oleh tangan manusia.

5. Ada Gunung Api di Antartika

Selain danau, ternyata juga ada gunung api di Antartika. Gunung itu bernama Erebus dan hingga kini masih aktif. Tinggi gunung Erebus yaitu 3794 meter di atas permukaan laut dan terletak di 77.5 Lintang Selatan, 167.2 Bujur Timur. Gunung ini pertama kali ditemukan pada tahun 1841 James Clark Ross dan mulai didaki pada tahun 1908.

6. Manusia Pertama di Kutub

Manusia pertama yang mencapai Kutub adalah Roald Amundsen yang berasal dari Norwegia. Roald mencapai Kutub Utara pada tanggal 14 Desember 1911. Ia berhasil mengalahkan Robert Falcon Scott asal Inggris.

7. Tempat Penelitian Populer

Antartika merupakan tempat penelitian paling populer

Antartika adalah tempat penelitian yang sangat populer di Bumi. 48 negara di dunia telah menyetujui sebuah perjanjian antartika tentang penelitian damai. Hingga kini, sekitar 30 negara sudah menjalankan riset secara aktif dan damai di Kutub Selatan.

8. Cacing Jadi Penguasa

Fakta menarik benua antartika yang terakhir yaitu cacing jadi penguasa. Jika membayangkan tentang makhluk hidup yang menguasai benua Antartika, biasanya yang akan terbayang adalah Penguin. Tetapi ternyata bukan itu. Penguasa Antartika adalah cacing gilig.

Itu adalah 8 fakta menarik benua Antartika yang jarang diketahui. Benua ini penuh dengan misteri yang belum terungkap. Semoga di masa depan keunikan Antartika akan dibuka satu per satu, dan benua yang sangat dingin ini dapat dihuni meskipun butuh perjuangan keras.

2 Comments

  1. Sangat bermanfaat min. Terimakasih

Leave a Reply