Kewirausahaan: Pengertian dan Ciri-cirinya

Bagi Anda yang ingin menjajal keberuntungan di dunia wirausaha, tentunya kita perlu belajar mengenai kewirausahaan terlebih dahulu. Mengapa harus demikian? Hal ini agar Anda tidak salah langkah agar nantinya bisinis yang dijalani semakin sukses.

Secara umum sesorang pasti akan memiliki keinginan dan motivasi untuk dapat mengembangkannya dan mengubah hidupnya menjadi lebih baik dalam segala hal. Memiliki pasangan, kendaraan, rumah, berbagi dengan orang lain, dan sebagainya. Untuk mencapai tekad tersebut tentunya ia harus memiliki tekad yang kuat dan kerja keras dalam berbisnis. Seingkali keinginan ini ambruk di tengah jalan karena tidak dapat bertahan dalam menghadapi masalah.

Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan kewirausahaan itu? Dan apa saja sih ciri-ciri manusia wirausaha? Nah, simak pembahasannya berikut ini.

Pengertian Kewirausahaan

Pengertian wirausaha sering dikenal dengan wiraswasta (enterpreneur). Secara etimologi, wiraswasta adalah suatu istilah yang berasal dari kata-kata wira dan swasta. Wira berarti utama, berani, perkasa, atau gagah. Sedangkan Swasta adalah perpaduan dari dua kata yaitu swa dan sta. Swa artinya sendiri, dan sta artinya berdiri. Jadi swasta adalah berdiri menurut kekuatan sendiri.

Pengertian wiraswasta secara luas adalah keutamaan, keberanian, serta keperkasaan dalam memenuhi kebutuhan dan memecahkan permasalahan hidup berdasarkan pada kekuatan sendiri. Pengertian ini bukan berarti wiraswasta adalah usaha swasta atau kerja sambilan tetapi usaha yang betul-betul usaha yang dilandasi keberanian atau keuletan seseorang untuk memajukan prestasi yang dilakukan dengan kekuatan sendiri.

Ciri-ciri Kewirausahaan

Ciri-ciri manusia wirausaha dapat dikatakan bahwa manusia wirausaha adalah orang yang memiliki potensi untuk berprestasi. Ia senantiasa memiliki motivasi yang besar untuk maju dan berprestasi. Dalam kondisi dan situasi yang bagaimanapun, ia mampu menolong dirinya dalam mengatasi permasalahan hidupnya. Dengan kekuatan yang ada pada dirinya.

Manusia wirausaha mampu berusaha memenuhi kebutuhan hidupnya (Baca juga: Kebutuhan Hidup Manusia) . Di samping itu, manusia wirausaha mampu mengatasi kemiskinan, baik kemiskinan lahir maupun batin, tanpa menunggu pertolongan orang lain. Seseorang wirausaha juga memiliki semangat, sikap, perilaku, dan kemampuan dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan, serta merupakan cara kerja, teknologi, dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi.

Berikut ini ciri-ciri manusia wirausaha

1. Mempunyai Kepribadian yang Kuat

Tanda manusia memiliki kepribadian yang kuat adalah manusia manusia yang bermoral tinggi, yaitu manusia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2. Memiliki Sikap Mental Wirausaha

Seorang yang bermental wiraswasta memiliki kemauan yang kuat untuk mencapai tujuan dan kebutuhan hidupnya. Manusia wirausaha juga memiliki keyakinan yang kuat atas kekuatan yang ada pada dirinya, serta memiliki kejujuran dan bertanggung jawab.

3. Memiliki Kepekaan terhadap Arti Lingkungan

Manusia wiraswasta harus dapat mengenal lingkungannya, sehingga mampu mendayagunakan secara efisien untuk kepentingan hidupnya.

4. Memiliki Keterampilan Wiraswasta

Untuk dapat menjadi manusia wirausaha diperlukan beberapa kememimpin, keterampilan manajerial, keterampilan, dan keterampilan sosial antarmanusia.

5. Memiliki Kemampuan Untuk Mencari Informasi

Salah satu keberhasilan adalah mencari informasi tentang beberapa hal yang menjadi penuntun bagi keberhasilan suatu usaha.

Demikian penjelasan singkat mengenai pengertian kewirausahaan, dan ciri-ciri manusia wirausaha semoga materi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin memulai bisnis.

Leave a Reply