Komunikasi Daring

Komunikasi Daring: Pengertian, Jenis, Komponen, Kelebihan dan Kekurangannya

Bagikan Materi Ini

Apa yang kamu ketahui mengenai komunikasi daring? Sebelum kita masuk ke pembahasan alangkah baiknya kita mengetahui pengertian komunikasi terlebih dahulu. Komunikasi adalah perbuatan menyampaikan pesan atau informasi dari seseorang kepada orang lain baik secara lisan, tertulis, maupun nirkata (menggunakan gerak isyarat atau gesture).

Sebagai makhluk sosial, manusia perlu berkomunikasi dengan sesama, tidak ada manusia yang bisa hidup tanpa terjadinya komunikasi, maka dari itu pentingnya bagi kita untuk mengasah kemampuan berkomunikasi, karena dengan kemampuan komunikasi yang baik, kita bisa menyampaikan informasi secara jelas dan akurat.

Semakin berkembangnya teknologi bentuk komunikasi juga ikut berubah, yang awalnya komunikasi dilakukan secara langsung lewat tatap muka, kini jangkauan komunikasi pada setiap orang semakin luas melalui komunikasi daring (dalam jaringan). Saat ini banyak orang yang memanfaatkan jejaring internet untuk mencari informasi sekaligus mengomunikasikan gagasannya.

Pengertian Komunikasi Daring

Pengertian Komunikasi Daring

Setelah mengetahui arti dari komunikasi, kita masuk ke pembahasan utama. Komunikasi daring adalah penyampaian atau penerimaan informasi yang dilakukan melalui jaringan internet, atau berkomunikasi menggunakan jaringan komputer.

Sejarah singkat

Perkembangan pertama komunikasi daring yaitu saat peneliti Amerika mengembangkan protokol yang bisa memungkinkan mengirim atau menerima informasi melalui komputer. Protokol tersebut dinamakan ARPANET, yang diluncurkan pada tahun 1969, yang pada akhirnya berkembang menjadi Internet.

Komunikasi daring menjadi mungkin pada dunia pendidikan setelah pengembangan dan penyebaran komputer pribadi (yang biasa kita sebut PC) yaitu pada tahun 1980-an, serta munculnya world wide web (www) pada pertengahan 1990-an juga menjadi latar belakang komunikasi daring.

Jenis Komunikasi Daring

Komunikasi daring dibedakan menjadi dua, yaitu

1. Komunikasi Sinkron (serempak)

Komunikasi sinkron adalah komunikasi dalam jaringan yang dilakukan secara real time atau di waktu yang bersamaan dengan orang lain. Misal, ketika kamu bertukar informasi dengan teman melalui internet dalam waktu yang bersamaan.

Contoh komunikasi daring sinkron, yaitu:

  • Text Chat

Text chat adalah sebuah fitur dalam program jaringan internet untuk bersosialisai kepada orang yang sedang daring dalam bentuk teks. Misal, saat kamu mengirim pesan teks ke temanmu yang sedang online melalui aplikasi chat, kemudian dia membalas pesan dengan teks dan seterusnya. Seperti itulah proses berlangsungnya text chatting.

  • Video Chat

Video chat adalah sebuah fitur dalam jaringan internet untuk berkomunikasi kepada orang yang sedang daring dalam bentuk audio dan video yang dilakukan secara real time. Biasanya video chatting dilakukan menggunakan perangkat komputer dan smartphone. Di smartphone biasa kita sebut dengan video call.

2. Komunikasi Asinkron (tak serempak)

Komunikasi asinkron adalah komunikasi menggunakan perangkat komputer dilakukan secara daring yang di dalamnya terdapat fitur penundaan dan editing. Misal, ketika kamu bertukar informasi dalam sebuah forum di internet.

Komponen Pendukung Komunikasi Daring

Jika kamu ingin melakukan komunikasi dalam jaringan, maka perlu menyiapkan komponen pendukung seperti hardware dan software.

1. Komponen Perangkat Keras (Hardware)

Hardware merupakan semua komponen yang bisa dilihat ataupun diraba oleh manusia, dan digunakan untuk menjalankan instruksi dari perangkat lunak (sofware). Contohnya seperti komputer, microphone, headset, serta perangkat pendukung internet.

2. Komponen Perangkat Lunak (Software)

Software merupakan sebuah program komputer (jika di smartphone biasa kita sebut aplikasi), yang fungsinya untuk menjalankan apa yang sudah dikehendaki. Program ini diperlukan sebagai penjembatan antara brainware dan hardware. Program yang biasa digunakan dalam komunikasi dalam jaringan yaitu skype, webconference, dan sebagainya.

3. Komponen Perangkat Akal (Brainware)

Brainware merupakan seseorang yang menjalankan atau menggunakan suatu perangkat komputer serta pengaturan perangkat lunak untuk melakukan komunikasi dalam jaringan.

Setelah kita mempelajari pengertian, jenis, dan komponen apa saja yang diperlukan untuk melaksanakan komunikasi daring. Apakah kelebihan dan kekurangan dari komunikasi daring bila dibandingkan dengan komunikasi konvensional? Berikut ini kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Komunikasi Daring

Kelebihan Komunikasi Daring
  • Setiap orang bisa berkomunikasi kapan saja dan dimana saja dengan syarat mempunyai perangkat pendukung seperti smartphone dan koneksi internet.
  • Efisiensi biaya, karena bisa melakukan komunikasi dimana saja tentu ini bisa menghemat biaya transportasi.
  • Efisiensi waktu, karena bisa berkomunikasi kapan saja tanpa harus membuang waktu melakukan perjalanan.
  • Meningkatkan rasa percaya diri, dengan adanya komunikasi daring bisa mendorong orang untuk lebih percaya diri.
  • Terintegrasi dengan layanan TIK lainnya. Contohnya, persentasi dan dokumen.
  • Meningkatkan partisipasi, dengan terbukanya jalur komunikasi akan semakin banyak orang yang bisa berpartisipasi dalam diskusi.

Kekurangan Komunikasi Daring

Kekurangan Komunikasi Daring
  • Harus mempunyai perangkat khusus seperti perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) sebagai media untuk melakukan komunikasi dalam jaringan.
  • Terlalu banyak informasi yang tidak diperlukan yang membuat pusing si penerima.
  • Tidak dapat menggambarkan emosi pengguna seperti raut muka, intonasi suara serta gerak tubuh.
  • Menyita konsentrasi, banyak orang tidak bisa fokus pada hal lain saat melakukan komunikasi dalam jaringan (daring). Maka dari itu melakukan komunikasi daring, harus di tempat dan waktu yang tepat.

Begitu banyak fasilitas yang tersedia di internet seperti web, chatting (facebook, twitter, instagram, e-mail, dan lainnya) yang memudahkan kita untuk melakukan komunikasi, keberadaan fasilitas tersebut membuat kita semakin tergantung pada teknologi. Ketergantungan tersebut bisa kita lihat maraknya penjualan ponsel dengan harga murah dan lengkapnya fasilitas untuk mengakses internet.

Kegemaran berkomunikasi menggunakan media yang ada di internet menimbulkan suatu komunitas baru yang disebut komunitas virtual.

Sekian untuk pembahasan kali ini, semoga bermanfaat.

Leave a Reply