Sikap Positif Terhadap Pancasila

Sikap positif terhadap pancasila dibagi menjadi dua yaitu bermasyarakat dan berbangsa. Dalam kehidupan bermasyarakat dapat dilakukan dengan berperan serta dalam upaya mempertahankan pancasila dapat diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan sikap positif terhadap pancasila dalam kehidupan berbangsa diwujudkan dengan menerima pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara dan menerapkannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Baca juga : Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara

Sikap Positif Terhadap Pancasila dalam Kehidupan Bermasyarakat

Penerapan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan bermasyarakat tampak dalam hal-hal sebagai berikut.

1. Dalam kehidupan beragama

Dalam kehidupan bermasyarakat tentunya terdapat berbagai keanekaragaman, termasuk agama Perbedaan agama dalam kehidupan bermasyarakat biasanya akan menimbulkan permasalahan yang tidak dapat dianggap sepele. Berbagai konflik yang terjadi dalam masyarakat seringkali disebabkan oleh perbedaan agama sehingga kita sebagai warga negara yang baik harus bisa menjaga dan memelihara kerukunan antar umat beragama. Perbedaan agama seharusnya dimaknai sebagai bentuk keanekaragaman negara, dan kita harus bangga. Perbedaan agama jangan dijadikan penghalang dalam pembangunan.

Berikut adalah sikap positif terhadap pancasila dalam kerukunan hidup beragama yang dapat ditunjukkan dalam kehidupan bermasyarakat:

  • Menghormati orang yang berbeda agama dengan kita
  • Tidak membeda-bedakan agama dalam bergaul
  • Menghormati orang yang sedang beribadah
  • Tidak mempersalahkan agama dalam kegiatan-kegiatan kemasyarakatan

2. Peduli pada orang lain

Contoh sikap positif terhadap pancasila

Sebagai makhluk sosial, manusia tidak dapat hidup sendiri, selalu membutuhkan bantuan orang lain. Ketika ada orang yang sedang mengalami kesusahan dan mengalami musibah kewajiban kita adalah membantu tanpa pamrih. Agar orang yang sedang mengalami kesusahan merasa terbantu. Sikap positif terhadap pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, antara lain sebagai berikut.

  • Menengok tetangga yang sedang sakit
  • Membantu tetangga yang sedang kesusahan tanpa mengaharapkan imbalan
  • Menunjukkan rasa simpati kepada tetangga yang mengalami musibah

3. Kebiasaan gotong royong

Gotong royong merupakan sikap positif terhadap pancasila
gambar dari flickr

Gotong royong merupakan tradisi masyarakat Indonesia yang sudah ada sejak zaman nenek moyang bangsa Indonesia. Dengan gotong royong kerjaan terasa berat akan lebih ringan sebab dilakukan bersama. Selain dapat meringankan pekerjaan, gotong royong juga dapat memupuk rasa kebersamaan dan kekeluargaan sehingga dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

Berikut adalah sikap tolong menolong yang dapat ditunjukkan dalam kehidupan bermasyarakat.

  • Ikut serta dalam kegiatan gotong royong yang diadakan di lingkungan tempat tinggal
  • Menciptakan suasana gotong royong
  • Meningkatkan orang yang mau ikut gotong royong

4. Bermusyawarah

Musyawarah merupakan perwujudan kehidupan yang demokratis. Musyawarah digunakan sebagai cara untuk memecahkan suatu masalah. Musyawarah bertujuan menghasilkan keputusan secara mufakat, yaitu atas persetujuan bersama dengan tidak menguntungkan salah satu pihak saja, tetapi juga semua pihak. Setiap orang harus menyampaikan pendapat atau aspirasinya dalam musyawarah. Perbedaan pendapat dalam musyawarah merupakan hal yang biasa, namun dalam musyawarah kita diajarkan untuk dapat menerima perbedaan itu dengan lapang dada.

Berikut sikap positif terhadap pancasila dapat ditunjukkan dalam musyawarah:

  • Mengedepankan musyawarah dalam mengatasi permasalahan
  • Mengajukan pendapat dengan sopan
  • Menerima pendapat orang lain
  • Tidak memaksakan pendapat pada orang lain
  • Tidak menyela orang yang sedang menyampaikan pendapatnya
  • Menjunjung tinggi segala hasil musyawarah
  • Menjalankan hasil musyawarah dengan penuh tanggung jawab

5. Menghargai hak dan kewajiban

Hak dan kewajiban setiap orang berbeda-beda. Kewajiban harus dijalankan sebelum menuntut hak. Hak dan kewajiban harus dilaksanakan dengan seimbang. Hak dan kewajiban seseorang tidaklah sama, bergantung pada peranannya. Namun, adakalanya hak dan kewajiban semua orang sama, misalnya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Semua warga negara Indonesia memiliki hak dan kewajiban yang sama terhadap negaranya sebagaimana yang telah diatur dalam UUD 1945.

Begitu pula dalam kehidupan bermasyarakat, hak dan kewajiban anggota masyarakat juga sama. Misalnya, untuk menjaga keamanan lingkungan tempat tinggal, anggota masyarakat tanpa terkecuali memiliki hak dan kewajiban yang sama, yaitu mengikuti ronda malam. Itulah yang dinamakan adil. Keadilan dalam kehidupan bermasyarakat adalah sebagai berikut.

  • Melaksanakan apa yang menjadi kewajiban kita
  • Tidak menuntut hak sebelum melaksanakan kewajiban
  • Menjunjung tinggi rasa keadilan

Sikap positif terhadap pancasila dalam kehidupan bermasyarakat harus diterapkan di manapun kita berada, baik di lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, maupun lingkungan masyarakat.

Sikap positif terhadap pancasila di lingkungan sekolah
Ilustrasi, gambar dari commons.m.wikimedia
Di lingkungan keluarga Di lingkungan sekolah Di lingkungan masyarakat
Mematuhi aturan – aturan keluarga Mematuhi tata tertib sekolah Tidak memaksakan agama kepada orang lain
Menjaga nama baik anggota keluarga Menghormati semua warga sekolah Menjaga persatuan dan kesatuan dalam masyarakat
Melaksanakan ibadah dengan taat Berdoa sebelum memulai pelajaran Menghormati pemeluk agama lain
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa Menjaga persatuan dan kesatuan di antara sesama warga sekolah Mengembangkan sikap tenggang rasa
Menghormati kedua orang tua Tidak membeda-bedakan teman dalam bergaul Menolak pengaruh ideologi yang bertentangan dengan pancasila

Sikap Positif Terhadap Pancasila dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

1. Karakteristik Ideologi Pancasila

Karakteristik adalah ciri khas yang dimiliki oleh pancasila sebagai ideologi negara yang membedakannya dengan ideologi-ideologi lain. Pancasila memiliki karakteristik yang membedakannya dengan ideologi-ideologi lain, yaitu sebagai berikut.

  • Pengakuan bangsa Indonesia akan adanya Tuhan Yang Maha Esa sebagai pencipta dunia dan segala isinya. Tuhan sebagai causa prima. Oleh karena itu, kita sebagai umat yang bertuhan harus taat kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Penghargaan kepada sesama umat manusia apa pun suku bangsa dan bahasanya. Kita sebagai umat manusia sama di hadapan Tuhan Yang Maha Esa, hal ini sesuai dengan kemanusiaan yang adil dan beradab. Adil dan beradab berarti bahwa perlakuan adil merupakan sama untuk sesama manusia, dan beradab berarti perlakuan yang sama itu sesuai dengan derajat kemanusiaan. Oleh karena itulah, kita harus menghargai hak-hak asasi manusia yang seimbang dengan kewajiban-kewajibannya.
  • Bangsa Indonesia menjunjung tinggi persatuan bangsa. Di dalam persatuan itulah dapat dibina kerja sama yang harmonis. Dalam hubungan ini, persatuan Indonesia ditempatkan di atas kepentingan sendiri. Pengorbanan untuk kepentingan bangsa lebih diutamakan daripada pengorbanan untuk kepentingan pribadi.
  • Kehidupan dalam masyarakat dan bernegara didasarkan pada sistem demokrasi. Demokrasi yang dianut adalah demokrasi pancasila. Hal ini sesuai dengan sila keempat.
  • Keadilan dalam kemakmuran merupakan cita-cita bangsa kita sejak dulu. Sistem pemerintahan yang kita anut bertujuan untuk tercapainya masyarakat adil dan makmur.

Satu karakteristik tidak bisa dipisahkan dari yang lain karena pancasila adalah satu kesatuan, keutuhan yang saling terkait, tetapi keseluruhan itu bernapaskan pada Ketuhanan Yang Maha Esa.

2. Keunggulan Pancasila sebagai Ideologi Negara

Pancasila sebagai ideologi bagi negara Indonesia memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan ideologi-ideologi lainnya, yaitu sebagai berikut.

  • Ideologi pancasila diambil dari nilai-nilai rakyat / bangsa Indonesia sendiri dan nilai-nilai itu bukan dari unsur negara lain. Dengan demikian pancasila juga merupakan kepribadian bangsa Indonesia. Jadi, ideologi pancasila memiliki ciri khas bangsa Indonesia.
  • Ideologi pancasila dapat diterapkan di segala bidang kehidupan, baik dalam bidang politik, ekonomi, sosial budaya, maupun pertahanan dan keamanan, di samping dalam aspek kehidupan berbangsa dan bernegara.
  • Dalam ideologi pancasila ada keseimbangan antara kepentingan individual dan kepentingan umum.

3. Upaya Mempertahankan Ideologi dan Dasar Negara Pancasila

Mempertahankan berarti memperjuangkan sila di pancasila untuk dilaksanakan dengan baik dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa bernegara. Dengan kata lain, mempertahankan pancasila berarti berusaha agar pondasi/dasar negara Republik Indonesia tidak diganti oleh dasar negara lain. Berikut ini upaya-upaya dalam mempertahankan ideologi dan dasar negara pancasila.

  • Melaksanakan sila-sila pancasila dalam kehidupan bernegara. Pemerintah dalam semua tindakannya hendaknya didasarkan atas pancasila. Secara rinci, pemerintah Republik Indonesia hendaknya memperhatikan kehidupan beragama, hak-hak setiap warga negara, menekankan pentingnya persatuan, memerhatikan suara rakyat, dan memerhatikan keadilan sosial.
  • Melaksanakan pancasila dalam kehidupan bermasyarakat. Dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat hendaknya senantiasa memerhatikan kehidupan beragama, hak-hak orang lain, mementingkan persatuan, menjunjung tinggi demokrasi, dan memerhatikan keadilan sosial bagi semua anggota masyarakat.
  • Melalui bidang pendidikan. Pendidikan memegang peranan penting untuk mempertahankan pancasila. Dalam setiap jenjang pendidikan perlu diajarkan pentingnya pancasila sebagai ideologi negara dan dasar negara kepada anak didik.

Contoh sikap positif terhadap pancasila dapat ditunjukkan dengan perilaku sebagai berikut.

  1. Menerima pancasila sebagai ideologi dan dasar negara
  2. Mengamalkan pancasila dalam kehidupan sehari-hari
  3. Menerapkan pancasila sebagai kehidupan berbangsa dan bernegara
  4. Mempertahankan pancasila
  5. Menolak ideologi-ideologi lain yang bertentangan dengan pancasila
  6. Mengawasi penyelenggaraan negara agar tetap sesuai dengan pancasila

Sila pancasila harus dilakukan atau dilaksanakan dengan baik dalam kehidupan kita karena mempertahankan pancasila berarti memastikan bahwa dasar negara Indonesia tidak diganti oleh negara lain.

Leave a Reply