9 Tokoh Penemu yang Kurang Dikenal

Menemukan sesuatu yang berguna untuk banyak orang adalah sesuatu yang dapat membanggakan. Apalagi hasil penemuan kita bisa berguna untuk kehidupan manusia. Tentu kamu pasti akan merasa bangga, bukan?

Kehidupan sehari-hari kian bertambah semakin baik dan maju, semua itu karena ide-ide cemerlang para penemu. Kamu mungkin sudah akrab dengan nama Albert Einstein si penemu teori relativitas, Sir Isaac Newton si penemu teori gravitasi, Thomas Alva Edison si penemu lampu dan Alessandro Volta si penemu baterai. Karena temuannya itu yang mampu memengaruhi perkembangan zaman, nama mereka sering disebut-sebut dalam pelajaran fisika dan sejarah.

Tahukah kamu?

Bahwa ternyata tidak hanya tokoh yang dikenal saja yang sukses mengubah wajah dunia seperti sekarang. Ada begitu banyak orang-orang yang kurang dikenal. Namun, ikut andil membuat dunia semaju hari ini. Kali ini kita akan membahas tokoh penemu yang memengaruhi dunia tapi jarang diketahui orang. Penasaran? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Thomas L. Jennings (1791-1856)

Thomas Jennings Penemu Metode Dry Cleaning

Thomas Jenings adalah salah satu penemu dunia yang berasal dari golongan minoritas. Ketika itu, tahun 1800-an, ras Afro Amerika adalah salah satu ras yang cukup terpinggirkan dan memiliki posisi inferior. Namun Thomas berhasil mendobrak itu. Ia menjadi seorang pengusaha binatu di kota New York. Lewat totalitasnya dalam dunia binatu, ia akhirnya menemukan metode dry cleaning. Atas prestasi penemuannya itu, Jennings menjadi orang Afro-Amerika pertama yang memegang hak paten atas metode dry cleaning itu.

2. Ts’ai Lun atau Cai Lun (Penemu Kertas)

Cai Lun Penemu Kertas

Cai Lun berasal dari negeri Cina. Ia hidup pada zaman Dinasti Han, sekitar abad 1 hingga 2 Masehi. Cai Lun berjasa menemukan kertas. Ia membuat kertas dari kulit kayu murbei. Bagian dalamnya direndam dalam air dan dipukul-pukul sehingga seratnya lepas. Bersama dengan kulit, direndam juga bahan rami, kain bekas, dan jala ikan. Setelah menjadi bubur, bahan ini ditekan hingga tipis dan dijemur. Lalu jadilah kertas yang mutunya masih belum sebagus sekarang.

3. Johann Gutenberg (1938-1468)

Johann Gutenberg adalah seseorang yang menemukan mesin cetak. Ia menemukan mesin itu pada tahun 1450-an. Gutenberg hidup sekitar tahun 1398 hingga 3 februari 1468. Johann Gutenberg merupakan putra bungsu dari pedagang kelas atas Fierle Gensfleisch zur Laden dari istri keduanya Else Wyrich. Johann Gutenberg pertama kali bekerja sebagai seorang tukang emas, pada tahun 1411 terjadi pemberontakan di Mainz, sehingga dia harus pindah ke Strasbourg dan tinggal disana selama 20 tahun.

4. Wright Bersaudara (Wright Brothers)

Wright Bersaudara Penemu Pesawat Terbang

Orville lahir 19 Agustus 1871 – 30 Januari 1948 dan Wilbur lahir 16 April 1867 – 30 Mei 1912. Mereka adalah dua orang Amerika yang tercatat sebagai penemu pesawat terbang. Dua kakak beradik ini berhasil membangun pesawat terbang yang pertama kali berhasil diterbangkan dan dikendalikan oleh manusia. Peristiwa bersejarah itu terjadi pada tanggal 17 Desember 1903. Dua tahun setelah penemuan mereka, Wright bersaudara mengembangkan mesin itu ke bentuk-bentuk pesawat dengan sayap seperti sekarang kita kenal. Kedua bersaudara ini memang bukan yang melakukan percobaan pesawat terbang ini, tetapi mereka orang pertama yang menemukan kendali pesawat. Kendali inilah yang membuat mesin terbang semacam itu dapat dikendalikan.

5. Karl Drais (29 April 1785 – 10 Desember 1851)

Karl adalah seorang berkebangsaan Jerman. Ia dikenal karena menemukan laufmaschine atau mesin berjalan yang merupakan bentuk awal dari sepeda namun tanpa pedal. Mesin ini kemudian disebut juga beroda atau dalam bahasa inggris disebut draisine atau dalam bahasa perancis disebut sebagai draisienne. Mesin ciptaan Karl ini juga disebut sebagai ‘kuda dandy’. Prinsip kerja dari mesin ini digunakan pada sepeda serta sepeda motor pada masa kini. Ciptaan Karl ini merupakan prinsip awal dari transportasi pribadi mekanik. Pada tahun 1851 Drais meninggal di kampung halamannya di Karlsruhe.

6. Guglielmo Marconi (25 April 1874 – 20 Juli 1937)

Guglielmo Marconi Penemu Radio

Marconi adalah seorang insinyur listrik kelahiran Italia. Sebelum usianya menginjak 20 tahun, Marconi telah membaca percobaan-percobaan yang dilakukan oleh Heinrich Hertz. Percobaan-percobaan ini dengan gamblang mendemonstrasikan adanya gelombang elektromagnetik yang tak tampak oleh mata, bergerak lewat udara dengan kecepatan suara. Pembacaan itulah yang mendorongnya untuk melakukan berbagai percobaan. Percobaan-percobannya itu membuahkan sebuah pengembangan sistem telegrafi tanpa kabel. Penemuan Marconi ini akhirnya dikenal sebagai radio.

Pada tahun 1901 dia berhasil mengirim berita radio ke Samudera Atlantik, dari Inggris ke Newfoundland. Tahun 1909 tatkala kapal S.S. Republic rusak akibat tabrakan dan tenggelam ke dasar laut. Berita radio yang dikembangkan oleh Marconi itu rupanya amat membantu. Para penumpang akhirnya bisa diselamatkan, walau ada 6 orang yang tak terselamatkan. Akibat penemuannya ini Marconi berhasil meraih Hadiah Nobel bersama Karl Braun di tahun 1909. Marconi wafat pada 20 Juli 1937, pada usia 63 tahun di Roma, Italia.

7. George Eastman

Fotografi bisa menjadi medium yang amat populer sekarang ini adalah, salah satunya, akibat jasa dari George Eastman. Ia mendirikan Eastman Kodak Co. George Eastman juga menemukan film gulung. Hal inilah yang membuat fotografi semakin terjangkau oleh berbagai kalangan. Film gulung ciptaan Eastman ini juga menjadi dasar dari penemuan film bergerak. Penemuannya ini digunakan oleh Thomas Alva Edison, Lumiere bersaudara dan George Melies. Pada 1932, ia mengakhiri hidupnya dengan satu tembakan dan meninggalkan pesan, “Pekerjaan saya sudah selesai. Mengapa menunggu lagi?”. Eastman dikuburkan di Kodak Park, Rochester, New York.

8. Manfred von Ardenne (1907-1997)

Manfred adalah seorang penemu asal Jerman yang amat produktif. Dia memiliki sekitar 600 paten, diantaranya: mikroskop elektron, teknologi medis, teknologi nuklir, fisika plasma, radio, dan teknologi televisi. Pada bulan Agustus 1931, mempresentasikan penemuannya yang paling terkenal dan revolusioner. Di Berlin Radio Show ia mendemostrasikan sistem televisi menggunakan tabung sinar katoda untuk kedua transmisi dan penerimaan. Manfred mencapai transmisi pertama untuk gambar televisi pada tanggal 24 Desember 1933. Percobaan itu kemudian berlanjut untuk layanan televisi publik pada tahun 1934. Pada tahun 1935, pengujian terhadap televisi elektronik berlangsung di Berlin. Puncak pengujian ini berlangsung pada siaran langsung dari 1936 Olimpiade Musim Panas di Berlin. Siaran Olimpiade itu oleh Manfred dapat disalurkan ke tempat-tempat umum di seluruh Jerman.

9. Levi Strauss (26 Februari 1829 – 26 September 1902)

Levi Strauss adalah seorang penemu yang lahir di Lob StrauB (baca Lob Straus), Jerman. Levi kemudian pindah ke Amerika Serikat dan membuka usaha fashion yang cukup sukses. Ia mendirikan perusahaan pertama yang memproduksi celana jeans biru (blue jeans). Perusahaannya bernama, Levi Strauss & Co. Usahanya itu dimulai pada tahun 1853 di San Francisco, California. Merk blue jeans yang kemudian menjadi ikon dunia itu adalah Levi’s.

Nah itu tadi 9 tokoh penemu yang kurang dikenal. Namun, tidak ada salahnya jika kita mengulas kembali penemu legendaris dunia yang berpengaruh sepanjang masa.

1. Sir Isaac Newton (4 Januari 1643 – 31 Maret 1727)

Sir Isaac Newton dianggap sebagai bapak ilmu Fisika Klasik. Bukunya, Philosophiae Naturalis Principia Mathematica, yang terbit pada tahun 1687 dianggap sebagai buku paling berpengaruh sepanjang sejarah sains. Dalam karyanya ini, Newton menjabarkan hukum gravitasi dan tiga hukum gerak yang mendominasi pandangan sains mengenai alam semesta. Newton berhasil menunjukan bahwa gerak benda di bumi dan benda-benda di luar angkasa lainnya diatur oleh sekumpulan hukum alam yang sama.

2. Alessandro Volta (18 Februari 1745 – 5 Maret 1827)

Alessandro Giuseppe Antonio Anastasio Gerolama Umberto Volta adalah seorang ilmuwan yang lahir di Italia. Ia meninggal di Como, Lombardi-Ve-nesia yang sekarang menjadi Italia. Ia meninggal pada usia 82 tahun. Penemuannya yang membuatnya terkenal adalah saat ia mengembangkan baterai pada tahun 1800. Ia menemukan elemen batere atau tumpukan Volta, menemukan kondensator, eudimeter, pistol listrik, serta lampu udara. Ia juga terkenal sebagai orang yang menyempurnakan elekroforus (1777), serta elektroskop. Pada tahun 1778, Volta juga menemukan dan berhasil mengisolir gas metan.

3. James Watt

James lahir pada tanggal 19 Januari, 1736 di Greenock di satu kota pelabuhan laut di Firth Cylde, Skotlandia. James Watt memiliki sebuah workshop kecil di Universitas Glasgow yang disokong oleh sejumlah profesor di universitas itu. Ia kemudian melakukan percobaan yang tidak melulu berhasil. Pada tahun 1765, James akhirnya berhasil membuat sebuah model mesin uap yang dapat berkerja dengan baik. Sebagai penghargaan atas jasanya dan berhasil memicu revolusi industri, nama Watt akhirnya dijadikan sebagai satuan energi dengan simbol W oleh International System of Units (atau’SI’) seperti yang kita kenal sekarang.

4. Albert Einstein (14 Maret 1879 – 18 April 1955)

Albert Einstein adalah ilmuwan fisika teoritis yang dianggap sebagai ilmuwan terbesar abad ke-20. Einstein lahir di Ulm, Kerajaan Wurttemberg, Jerman. Ia meninggal di Princeton, New Jersey, Amerika Serikat, pada umur 76 tahun. Einstein terkenal dengan teori relativitas, serta banyak memberi sumbangan bagi mekanika kuantum, mekanika statistika, dan kosmologi. Pada tahun 1921, Einstein mendapatkan Nobel karena mampu memberi penjelasan tentang efek fotolistrik. Rumus Einstein yang amat terkenal adalah E=mc2.

Leave a Reply